APJII : RUU Kamtan Siber Harus Diulas Seluruhnya Pemangku Kebutuhan

APJII : RUU Kamtan Siber Harus Diulas Seluruhnya Pemangku Kebutuhan

Beberapa golongan memberikannya saran pada bahasan Perancangan Undang-Undang Keamanan serta Ketahanan (Kamtan) Siber oleh DPR serta pemerintah. RUU ini ditujukan membuat perlindungan keamanan siber di masa digital seperti saat ini. Berdasar survey penetrasi serta tabiat pemakai internet yang dilaksanakan oleh Asosiasi Pengelola Layanan Internet Indonesia (APJII) berbarengan Polling Indonesia pada 2018 terdaftar pemakai internet di negeri ini udah raih 171, 17 juta jiwa dari 264, 16 juta jiwa masyarakat di Indonesia.

APJII mengutamakan, keamanan siber tidak cuma berkaitan dengan kabar yang miliki sifat digital. Lebih jauh, keamanan siber ini mencakup aset-aset siber seperti infrastruktur krusial, ialah jaringan telekomunikasi, satelit, listrik, serta transportasi. APJII pada prinsipnya sepakat adanya UU Kamtan Siber. Soal ini sebab keamanan siber mutlak dibutuhkan oleh suatu negara, termasuk juga Indonesia.

Baca juga : Beberapa Macam Software Penerapan, Ada yang Diciptakan untuk Memperhitungkan Kematian Manusia

Meskipun demikian, APJII mendambakan RUU Kamtan Siber diulas sama-sama dengan seluruhnya pemangku kebutuhan. “Semangat dari RUU ini bagus, membuat perlindungan keamanan siber. Khususnya aset-aset siber yang demikian kritikal. Tapi, APJII mengidamkan untuk dibahasnya RUU itu terlebih dulu berbarengan seluruhnya pemangku kebutuhan berkaitan sebelum jadikan UU, ” tutur Ketua Bagian Keamanan Siber APJII Eddy S Jaya, Jumat (30/8/2019) .

Menurut dia, bahasan berbarengan pemangku kebutuhan berkaitan tak dapat dilepaskan demikian saja. Hal semacam itu penting sehingga UU Kamtan Siber sanggup mengoordinasi semua pemangku kebutuhan di industri berkaitan. Dengan begitu, UU itu bisa diterima oleh seluruhnya golongan. “Kami mengharap supaya sebelum disahkannya UU Keamanan serta Ketahanan Siber, banyak pemangku kebutuhan disertakan untuk mengkaji RUU ini, ” sebut Eddy.

Written by 

One thought on “APJII : RUU Kamtan Siber Harus Diulas Seluruhnya Pemangku Kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *