Produk Made By Google Bakal Gunakan Material Botol Bekas Tahun 2022

Made By Google

Produk Made By Google Bakal Gunakan Material Botol Bekas Tahun 2022

Google mengumumkan komitmennya untuk mendaur ulang bahan-bahan yang digunakan dalam produk-produk Made By Google pada tahun 2022. Portofolio produk ini mencakup perangkat keras seperti telepon Pixel, Pixelbooks, speaker Rumah Google, Nest, dan aksesori.

Dalam sebuah wawancara dengan Fast Company, Google mengatakan akan mulai menggunakan plastik daur ulang pada perangkat Chromecast dan menggunakan botol plastik untuk membuat kain untuk Google Home dan sasis.

Langkah ini mengikuti jejak inisiatif ramah lingkungan Apple yang menggunakan bahan daur ulang dalam produk mereka, dan telah melakukan pelucutan produk dalam karyanya dengan bantuan robot.

Apple memperkenalkan robot yang mampu membongkar iPhone di Apple Event March 2016, bernama Liam. Robot ini diperkenalkan bersamaan dengan pengumuman sejumlah produk termasuk iPhone SE.

Liam memiliki kemampuan untuk memisahkan berbagai komponen seperti sasis, microchip, kamera hingga baut, sehingga dapat digunakan kembali pada perangkat Apple lainnya. Liam adalah bagian dari kebijakan teknologi ramah lingkungan Apple, untuk membantu melestarikan sumber daya alam.

Lenovo Informasikan Laptop 13,3 Inci dengan Monitor OLED Bisa Dilipat

Dari program ini, pada April 2016, Apple dilaporkan berhasil mengumpulkan tambahan 27,7 kg bahan industri dari perangkat model lama, serta 999,7 kg emas, sehingga bahan logam mulia Apple pada waktu itu mencapai 1.102 ton.

Pada awal 2019, Samsung juga mengumumkan komitmen yang sama, berjanji untuk menggunakan bahan yang berkelanjutan dalam kemasan produk kerjanya. Selain menggunakan bahan daur ulang, Google juga mengatakan berkomitmen untuk membuat proses pengirimannya bebas karbon pada tahun 2020.

Proses menetralkan jejak karbon dimaksudkan untuk mempromosikan keberlanjutan di divisi perangkat keras. Pejabat Google, Anna Meegan mengatakan timnya mampu mengurangi emisi hingga 40 persen dengan beralih dari pengiriman melalui udara ke pengiriman melalui kargo.

Tetapi ini juga akan membutuhkan tim divisi perangkat keras Google untuk melakukan pengembangan dan proses produksi lebih awal, karena pengiriman melalui kargo akan lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman melalui udara.

Google juga menjalankan program kerja sama daur ulang, memberikan label pengiriman sehingga konsumen dapat mengirim perangkat Google yang tidak lagi digunakan. Program ini hanya tersedia untuk konsumen di Amerika Serikat.

Written by 

One thought on “Produk Made By Google Bakal Gunakan Material Botol Bekas Tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *